Tips Belajar Tematik Kelas 4 SD

Belajar adalah kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh anak-anak usia sekolah. Belajar terus-menerus terkdang membuat anak bosan dan jenuh. Masalah ini kerap kali ditemukan pada anak salah satunya anak kelas 4 SD. Kelas 4 SD mmerupakan kelas dimana anak-anak mulai dipersiapkan baik dari segi ilmu dan proses belajar mengajar untuk menghadapi ujian-ujian akhir. Oleh karena itu, diperlukan metode yang tepat agar belajar pada kelas 4 SD menjadi lebih menyenangkan. 

Setiap anak memiliki ciri khas masing-masing. Orang dewasa baik guru maupun orang tua tidak bisa menyamaratakan metode yang sama untuk setiap anak. Sehingga ada beberapa cara yang layak dicoba untuk membuat belajar anak menjadi lebih bervariasi dan ilmunya sampai kepada anak. Berikut adalah cara-cara mengajar kepada anak. 

Menjalin komunikasi
Jika Anda ingin memulai pembelajaran hal pertama yang dilakukan adalah menjalin komunikasi. Anda tidak boleh memaksa anak. Anda harus mengawalinya dengan membuat suasana menjadi kondusif.  Agar kondusif cara yang dilakukan adalah komunikasi diawali tepuk-tepuk, yel-yel dan sebagainya agar pusat perhatian anak berfokus pada pembelajaran yang akan dimulai. Kemudian Anda bisa mengkomunikasikan apa saja yang akan dipelajari hari ini. 

Manajemen waktu
Manajemen waktu adalah sesuatu yang sangat penting untuk diajarkan sejak usia sekolah. Hal simple sebagai contoh adalah jam tangan sebagai pengingat waktu. Ada waktu-waktu tertentu dimana anak-anak akan focus untuk belajar dan waktu tertentu ingin bermain saja. Sehingga, sebagai orang dewasa, mengajarkan anak waktu rutin dimana anak harus belajar dan waktu bermain merupakan cara yang cukup tepat agar kegiatan belajar lebih konsisten dan terjadwal. Belajar kelompok 

Anak SD biasanya lebih senang ketika belajar dilakukan secara berkelompok atau bersama dengan temannya. Orang dewasa dapat membuat kelompok belajar yang bisa meningkatkan keinginan dan jiwa kompetitif anak dalam belajar. Rasa tersebut akan muncul apabila melihat temannya yang lain semangat untuk belajar. Orang tua juga bisa mengawasi bagaimana anak belajar bersama, berinteraksi dan mengutarakan pendapat di dalam kelompok tersebut

Praktik
Praktik merupakan cara belajar yang sangat seru dilakukan oleh anak-anak. Dengan praktik pula, anak-anak akan tahu mana yang benar dan yang salah secara langsung. Kegiatan membuat layang-layang akan menyenangkan apabila dilakukan langsung daripada anak anak-anak membaca buku.  

Bermain dan Belajar
Anak usia sekolah dasar lebih suka bermain sambil belajar. Daripada duduk di kelas dan mendengarkan guru berbicara mereka lebih suka melakukan pembelajaran yang dikombinasikan dengan permainan. Oleh karena itu, sebagai sorang guru atau orang dewasa adalah membuat pembelajaran menggunakan metode bermain. Contohnya adalah teka teki berbahasa inggris, tebak gambar melalui gerakan tubuh dan sebagainya

Demikianlah beberapa tips mengajar anak usia sekolah. Belajar buku tema 1 Kelas 4 memerlukan buku sebagai pedoman materi dan persiapan alat bahan dalam belajar. Olehh karena itu, buku ini harus dimiliki setiap anak agar anak-anak tahu materi yang akan diajarkan minggu selanjutnya. Selain buku, Anda baik sebagai guru maupun orang tua perlu menggunakan berbagai metode dan praktek dalam melaksanakan pembelajaran. Pada dasarnya belajar adalah memahami ilmu pengetahuan baru sehingga dalam penyampaiannya perlu dilakukan cara-cara yang memikat sehingga ilmu yang diajarkan sampai ke anak-anak. 

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama