Ketahui 4 Fungsi Utama Pintu Rumah Di Bawah Ini

Setiap rumah pasti dilengkapi setidaknya dengan satu buah pintu. Pintu yang digunakan ini juga memiliki tipe dan bahan baku yang berbeda-beda. Ada pintu yang terbuat dari kayu, fiberglass maupun pintu kaca. Tidak hanya jenisnya yang beragam, pintu ini juga memiliki desain yang banyak dan bisa dipilih sesuai dengan tema rumah tersebut. Namun, apakah sebenarnya manfaat atau fungsi utama pintu rumah tersebut? Apakah hanya sebuah hiasan saja? Tidak, berikut penjelasan lengkapnya:


1. Untuk Privasi atau Sekuritas
Bayangkan jika rumah kita tidak dipasangi pintu. Pastinya, kita tidak memiliki privasi atau bahkan banyak orang asing yang dengan mudahnya masuk ke rumah melalui celah-celah tertentu, bukan? Untuk itulah pintu rumah dipasang dan digunakan. Untuk melindungi privasi dari sang pemilik rumah tersebut. Sedangkan di setiap ruangan terutama kamar juga biasanya akan dipasang masing-masing pintu. Kegunaannya tetap sama, yakni masalah privasi dan agar orang lain tidak sembarangan masuk dan mengintip ke dalam. Pintu ini merupakan pembatas yang selalu digunakan di setiap ruangan rumah yang memang membutuhkan privasi.

2. Akses Keluar dan Masuk
Tanpa pintu, tentu kita akan kesulitan untuk mendapatkan akses keluar masuk di dalam sebuah ruangan atau di rumah. Jadi, diperlukan pintu yang sesuai untuk memudahkan jalur keluar masuk ini nantinya. Hal ini juga yang mendasari mengapa seseorang membutuhkan pintu dirumah ataupun diruangan mereka tersebut.

3. Sirkulasi
Tidak hanya lubang ventilasi dan jendela saja yang memiliki peran untuk media sirkulasi pertukaran udara, pintu juga memiliki fungsi yang sama. Bahkan, pintu ini juga memudahkan cahaya langsung masuk keruangan jika dibuka secara lebar. Dan, tentu saja udara bersih dan udara kotor dapat bergantian masuk dan keluar untuk kesehatan kita.

4. Perubahan Fungsi Ruang
Dengan adanya pintu maka fungsi sebuah ruangan akan berubah. Misalnya saja sebuah ruangan kosong yang diberi pintu akan menjadikannya lebih tertutup dan lebih terjaga privasinya.

Nah, demikianlah 4 fungsi utama pintu rumah yang pastinya selalu ada di setiap rumah kita.